Rancang Bangun Sistem Jasa Wedding Organizer pada Layana Organizer Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.30605/jitu.v1i3.96Kata Kunci:
wedding organizer, website, laravel, research and development, 4dAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem jasa wedding organizer pada Layana Organizer berbasis website. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dan pengujian sistem jasa wedding organizer menggunakan pengujian metode black box, selanjutnya pengujian validasi menggunakan 2 validator yang ahli website, dengan validator 1 memberikan nilai yaitu 3,7 dan validator 2 memberikan nilai yaitu 3,7 maka rata-rata nilai dari validator 1 dan validator 2 yaitu 3,7 “Sangat valid”, dan selanjutnya pengujian respon pengguna menggunakan admin dan user, dimana admin memberikan nilai yaitu 3,4 dan user memberikan nilai yaitu 3,6 maka nilai rata-rata dari admin dan user yaitu 3,5 “Baik Sekali”. Website ini dibuat menggunakan aplikasi visual studio code, framework Laravel, Bahasa Pemrograman PHP, MySQL sebagai basis datanya dan Laragon sebagai server local ataupun virtual.
Unduhan
Referensi
Thohir, I. A., Putra, F. A., Alim, F. N., Suseno, M. T., & Yudha, S. S. P. (2021). Dampak perkembangan teknologi internet dalam pembelajaran jarak jauh bagi siswa pada masa pandemi covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 93-103.
Bangun, D. A., & Ibrahim, H. (2024). Pengaruh Teknologi Informatika Dan Komunikasi Dalam Bisnis Internasional. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(1), 108-114.
Maraghi, M. R., Nadhiroh, U., & Jatmiko, U. (2023). PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT SEWA JASA YUNIDA WEDDING ORGANIZER. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 1(2), 80-90.
Putri, E. L., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management, 7(2), 194-203.
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran model 4d pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.
Sugianto, L., Kriswinarso, TB., Bachri, S., dan Lihu, I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Hasil Peserta Didik. Pedagogy (Jurnal Pendidikan Matematika) Vol. 6 No. 2, 149-162.
Sugianto, L. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Materi Differensial dengan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Prosiding Vol. 3 No. 1, 434-450.
Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur: The Development of Contextual Based Student Worksheet (LKPD) in the Material of Class VII Ecosystem, SMP Tanjung Jabung Timur. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 23-33.