Pengenalan Teknologi Augmented Reality Sebagai Pendukung Edukasi Untuk Siswa SMAN 6 Palopo
Kata Kunci:
Pengabdian, Masyarakat, Augmented RealityAbstrak
Augmented Reality (AR) digunakan untuk pembelajaran maupun permainan anak-anak. Para penggunanya dapat berinteraksi real time. Augmented Reality memberikan pengalaman kepada pengguna untuk berinteraksi dengan konten virtual di dunia nyata. Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai Augmented Reality, maka dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui webinar dengan tema pengenalan Augmented Reality. Peserta pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa SMAN 6 Palopo dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan praktik pembuatan Augmented Reality. Pada akhir kegiatan disampaikan angket untuk mengetahui perbedaan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian masyarakat, serta menguji keberhasilan kegiatan bagi peserta dalam mendapatkan pengetahuan Augmented Reality melalui transfer pengetahuan, penguasaan materi, kejelasan penyampaian materi, dan ketepatan alokasi waktu. Dari hasil penyebaran angket didapatkan hasil penongkatan pemahaman peserta mengenai Augmented Reality.
Referensi
EPC Global Mobile, APPS and WEARABLES TRENDS, 2015.
Suryawinata, B. A. 2010. ”Pemanfaatan augmented reality dalam memvisualisasikan produk perumahan melalui internet “. Comtech vol 1 no 2, 758-769.
Jorge D. Camba, dkk. 2016,“Application of Low-Cost 3D Scanning Technologies to the Development of Educational Augmented Reality Content” 978-1-5090-1790-4/16/$31.00 ©2016 IEEE.
Oliver Wasenmuller,dkk. 2016,”Augmented Reality 3D Discrepancy Check in Industrial Applications”. 2016 IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality
http://www.rivellomultimediaconsulting.com/unity3d-augmentedreality/
Suryawinata, B. A. 2010. ”Pemanfaatan augmented reality dalam memvisualisasikan produk perumahan melalui internet “. Comtech vol 1 no 2, 758-769.
Nur Wakhidah, astrid,dkk. 2017.”Penerapan Aplikasi android berbasis augmented reality sebagai marketing communication menggunakan metode markeless video animation pada Program Studi Teknik Informatika FTIK Universitas Semarang”.Penelitian LPPM Universitas Semarang.
Basworo, Atmoko. “Aplikasi mobile augmented reality berbasis vuforia dan unity pada pengenalan objek 3D dengan studikasus gedung M USM“.Penelitian LPPM Universitas Semarang.