Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Mendukung Keterampilan Pembelajaran SMAN 2 Kota Palopo

Penulis

  • Siaulhak Siaulhak
  • Safwan Kasma Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nirsal Nirsal Universitas Cokroaminoto Palopo

Kata Kunci:

artificial intelligence, pembelajaran, sman 2

Abstrak

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan Artificial Intelligence telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan, khususnya bagi guru-guru dan siswa di SMAN 2 Palopo. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan para guru dan siswa tersebut agar dapat mengenali dan memanfaatkan potensi AI dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan langsung kepada guru dan siswa, yang mencakup pengenalan konsep dasar AI, pembelajaran strategi implementasi AI dalam pembelajaran, dan memberikan contoh penggunaan AI yang relevan di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan ini, diharapkan pengabdian ini dapat menghasilkan guru dan siswa yang terampil dan percaya diri dalam mengintegrasikan teknologi AI dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di SMAN 2 Palopo. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, guru-guru menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang AI dan mampu mengaplikasikan teknologi AI dalam pembelajaran. Selain itu, penggunaan AI dalam pembelajaran juga memberikan manfaat positif bagi siswa, meningkatkan motivasi belajar mereka dan memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih baik. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi landasan awal untuk mendorong penerapan AI di sekolah dasar dan mempersiapkan guru-guru dalam menghadapi tantangan masa depan di era digital.

Unduhan

Diterbitkan

30-10-2023

Cara Mengutip

Siaulhak, S., Kasma, S., & Nirsal, N. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Mendukung Keterampilan Pembelajaran SMAN 2 Kota Palopo. Jurnal Abdimas Teknologi Informatika, 1(1), 21–27. Diambil dari https://jurnal.ftkom.uncp.ac.id/index.php/jamastik/article/view/46